artikel

AddOnPas Software Pendukung Program PAS SMA dan PAS SMK

AddOnPas adalah sebuah produk software yang dikembangkan untuk mempermudah sekolah-sekolah pengguna program PAS SMA dan PAS SMK dalam menginput data-data yang dibutuhkan serta berbagai fitur tambahan lainnya.

Program AddOnPAS
AddOnPAS program aplikasi pendukung PAS SMA dan PAS SMK

Software Pendukung Program PAS SMA dan PAS SMK

Bagi sekolah yang sudah menggunakan PAS SMA maupun PAS SMK pasti sudah mengetahui bagaimana tidak nyamannya antar muka pemakai (user interface) program tersebut. Bahkan kalau boleh dibilang, PAS SMA maupun PAS SMK merupakan aplikasi paling jelimet cara input datanya sehingga beberapa orang guru dari berbagai sekolah yang pernah kami jumpai menjulukinya sebagai “PAS = Program Agak Susah” serta banyak lagi julukan lain yang tidak layak kami tulis disini.

PAS SMA maupun PAS SMK, bahkan ada kemudian PAS SMP, sempat diwajibkan penggunaannya di sekolah-sekolah oleh Direktorat Pendidikan.  Sehingga banyak guru – guru meminta pelatihan program tersebut. Patut diakui bahwa PAS memiliki kelengkapan serta kekuatan dalam pengelolaan serta pengolahan data sekolah. Menurut kami kekurangan program ini hanyalah pada sisi antar muka pemakai serta beberapa bagian yang sengaja dibiarkan oleh pengembangnya untuk dikembangkan oleh pihak lain.

Dari segala permasalahan serta kekurangan program aplikasi PAS SMA dan PAS SMK inilah kemudian SIMDIK mengembangkan sebuah program aplikasi pendukung untuk mempermudah penggunaan program tersebut yang kemudian diberi nama AddOnPAS.

Program aplikasi AddOnPas terdiri dari 3 modul utama yaitu :

  1. Modul Administrasi Pembayaran Siswa
  2. Modul Administrasi Absensi Siswa
  3. Modul Layanan Konsultasi BPBK

Ketiga modul tersebut terintegrasi dengan database PAS SMA maupun PAS SMK secara satu arah sehingga apapun yang dilakukan melalui program AddOnPAS akan terupdate ke program PAS. Akan tetapi tidak semua update yang dilakukan melalui PAS dapat mengubah data pada AddOnPAS.

Hal ini dikarenakan, AddOnPAS memiliki basis data tambahan untuk memberikan fitur-fitur lebih lengkap serta kemudahan. Sebagai contoh pada modul absensi. Absensi yang diinput melalui PAS SMA maupun PAS SMK tidak semerta-merta mengubah seluruh data pada AddOnPAS, melainkan hanya sebatas hadir tidak hadirnya saja. Akan tetapi ketika data absensi guru dan siswa masuk melalui mesin absen – baik itu fingerprint, face detection, atau smart card – ke dalam program AddOnPas, maka data – data tersebut secara langsung mengupdate data pada PAS.

Modul Administrasi Pembayaran Siswa AddOnPAS

Modul ini berfungsi sebagai media informasi pembayaran secara online bagi siwa maupun wali murid dan memberikan kemudahan input data pembayaran secaran online sehingga sekolah dapat membuka layanan penerimaan uang pembayaran siswa dilokasi lain atau luar sekolah.

Modul Administrasi Absensi Siswa AddOnPAS

Modul ini berfungsi sebagai media informasi absensi secara online yang bisa diakses dari mana saja oleh wali murid, guru, wali kelas, kepala sekolah ataupun pihak lain yang berkepentingan dan diberikan hak. Fitur khusus dari modul ini adalah kemampuan untuk meng-impor data dari berbagai jenis mesin absen baik barcode, magnetik maupun fingerprint.

Integrasi AddOnPAS dengan mesin absen
Integrasi AddOnPAS dengan mesin absen

Modul Layanan Konsultasi BPBK

Modul ini memberikan fasilitas layanan konsultasi online bagi siswa maupun wali murid. Dengan adanya komunikasi antara siswa, petugas BPBK dan wali murid melalui modul ini diharapkan segala masalah yang dialami oleh anak didik dapat diselesaikan.