artikel

Wisata Eling Bening, Menikmati Pesona Alam Keindahan Rawa Dan Gunung

Pulau Eling Bening

Wisata Eling Bening merupakan salah satu tujuan wisata terbaru dan sangat populer di Indonesia, berlokasi di kota Semarang yaitu tepatnya di kabupaten Semarang, terletak di daerah Ambarawa. Seperti yang telah diketahui, bahwa di kawasan wisata Rawa Bening, udara di sekitarnya sangat sejuk dikarenakan polusi masih sedikit.

Lalu apa sajakah yang akan anda lakukan disana ? Berikut kami berikan sedikit info yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kawasan wisata Eling Bening didirikan dalam lahan seluas 3 hektare dari total luas lahan sekitar 10 hektare. Konsep wisata yang diusung adalah penyediaan objek wisata buat keluarga yang menawarkan keindahan panorama alam paling sempurna di Jawa Tengah. Hal ini adalah salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini selain pemandangan alam pegunungannya yang sangat indah. Anda bisa melihat hamparan rawa bening yang luas serta deretan bukit – bukit kecil yang benar – benar mampu memanjakan mata dan anda pun bisa santai. Ditambah dengan udara yang sangat sejuk dan suasana masih sepi karena jauh dari keramaian kota, anda akan merasa bersyukur dan akan mengingat kebesaran Tuhan melalui ciptaannya.

Selain pemandangan alam yang menakjubkan, kawasan wisata Eling Bening juga menyediakan beberapa fasilitas wisata yang lengkap mulai dari restoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound hingga camping ground. Anak – anak juga bisa berenang di kolam outdoor yang airnya sangat jernih dan sejuk membelai tubuh anda, sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sekitarnya. Terdapat archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows hingga flying fox.

Untuk anda yang memiliki kendaraan mewah, tidak usah merasa khawatir akan parkir, tempat parkir Eling Bening sangat luas dan akses jalannya lebar.

Apabila anda adalah pasangan yang ingin menikah, disini menyediakan tempat untuk Pre Wedding hingga resepsi pernikahan dalam bentuk garden party yang akan menambah marak suasana pesta anda, juga tersedia ahli membuat foto – foto pernikahan dalam pose – pose cantik.

Untuk menuju ke kawasan ini, apabila anda dari Semarang : ambil jurusan dari pertigaan terminal Bawen, lurus saja ke arah Ambarawa. Setelah melihat ada lampu merah traffic, sekitar 500 meter, ada Jalan Kartini di sebelah kiri, kemudian tidak terlalu jauh dari tanda tersebut, lokasi Eling Bening tampak sangat eksotik dari kejauhan.

Alamat lengkap kawasan wisata ini adalah di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat maps dengan mengetikkan keyword Eling Bening pada laptop kesayangan anda.
Sekedar informasi, untuk tiket masuk ke kawasan wisata baru di Semarang ini, per person dipatok dengan harga sangat murah yaitu Rp.15.000 dan tiket tersebut dapat anda tukar dengan camilan ringan dan minuman segar. Meskipun terkenal sebagai obyek wisata yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi, kami berikan sedikit tips bagi para wisatawan asing yang baru pertama kali berkunjung kesini yaitu jangan berlibur ketika ada hari libur / weekend karena sedang hits yaitu tempat ini dipenuhi oleh banyak pengunjung yang akan mengurangi kenyamanan dan keamanan anda berwisata kesini.

Tempat wisata yang berlokasi tidak jauh dari Rawa Pening ini, selalu sangat ramai oleh pengunjung walaupun masih termasuk sebagai obyek kawasan wisata yang baru di Ambarawa sekaligus anda bisa jalan – jalan untuk menikmati keramaian kota Ambarawa. Apa yang ada dibenak anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di kota berhawa sejuk ini ? Kota Ambarawa adalah kota yang sangat luas dan merupakan obyek wisata alam paling menarik saat ini disini. Hal ini tidak lain karena kota Ambarawa banyak mendapat bantuan dari media sosial yang sedang tren di masyarakat Indonesia sehingga menyebabkan kawasan wisata Eling Bening ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dan cepat terkenal meskipun baru.

Latar belakang kawasan wisata Eling Bening ini adalah pemandangan alam berupa delapan gunung yang bersanding manis dengan jejeran persawahan yang sangat luas, sunyi dan berwarna hijau segar ketika musim tanam atau menguning saat musim panen padi tiba, ada kebun kopi serta danau Rawa Pening yang sangat luas, merupakan obyek wisata paling menarik yang bisa anda nikmati disini. Eling Bening di desain ramah lingkungan untuk semua wisatawan, mulai dari anak – anak sampai orang tua bisa menikmati semua obyek wisata yang tersedia di dalamnya.

Jika anda lelah jalan – jalan mengelilingi taman atau bosan berenang maka waktu yang tersisa bisa anda manfaatkan buat menikmati wisata kuliner di salah satu pondok makan yakni pondok kopi yang tersedia di luar area utama wisata Eling Bening. Ada beberapa tempat duduk dari kayu jati di sepanjang sisi bukit lengkap dengan meja makannya yang cantik akan membuat panorama indah di kawasan wisata ini semakin nikmat buat anda kunjungi bersama dengan keluarga. Menu masakan khas Indonesia lebih banyak disajikan untuk anda nikmati sambil bersantai menikmati keindahan alam yang natural.

Beberapa menu yang populer disajikan antara lain rawon, ayam goreng taliwang, soto, sate, ikan bakar, gurame bumbu asam manis, beberapa sayur khas orang Jawa dan ada banyak yang lainnya, menu – menu menarik untuk anda cicipi termasuk masakan Eropa.

Untuk masalah harga dari makanan yang ditawarkan di restoran Eling Bening ini adalah relatif terjangkau hingga beberapa jenis masakan Eropa yang cukup mahal untuk dinikmati.

Anda dan keluarga tentunya akan membutuhkan tempat buat bersantai ketika merasa lelah jalan – jalan mengelilingi kawasan wisata Eling Bening. Maka mampirlah ke kompleks restoran dimana anda bukan hanya bisa duduk – duduk santai saja sambil menikmati indahnya lokasi kolam renang dan taman bergaya Jepang di sekitarnya, juga anda bisa menikmati wisata kuliner dengan mencicipi beragam sajian terlezat yang bisa anda coba. Lokasi ini menawarkan rumah makan dengan tema alam terbuka disertai interior unik yang akan membuat anda semakin nyaman untuk menginap di dalamnya. Harga menu masakan yang dijual kisaran 450.000 – 500.000 rupiah.
Anda bisa mencoba lumpia Semarang yang rasanya beda dengan lumpia dari daerah lain, adalah isinya yaitu dari daging ayam dan udang. Selain itu, ukurannya jauh lebih besar daripada lumpia pada umumnya. Nasi ayam, menyerupai dengan nasi liwet khas kota Solo yang dimasak dengan memakai santan kental, namun bedanya adalah kuah opor berwarna kuning yang digunakan untuk memasak beras sehingga menjadi sepiring nasi ayam yang rasanya sangat gurih. Leker Paimo adalah makanan penutup khas kota Semarang yang terdiri dari pisang raja atau pisang kepok, taburan coklat meisis dan parutan keju. Leker pada beberapa resto mewah di kota ini kadang – kadang juga ditambahkan sosis, keju mozzarella, dan mayonaise. Mie Titee merupakan sajian yang disuguhkan buat pengunjung non – Muslim, anda bisa mencoba mie yang satu ini jika berkunjung ke Eling Bening. Titee adalah sajian berkuah dari kaki babi, jadi mie titee merupakan masakan mie kuah yang disajikan dengan potongan kaki babi. Mie titee yang terkenal di Semarang adalah Mie Titee Grajen. Sajian favorit terakhir adalah soto Semarang yang biasa disajikan dengan dampingan menu lain yang bermacam – macam seperti telur puyuh, perkedel kentang, sate telur puyuh, sate ayam, atau tempe goreng garing. Soto disajikan dengan topping berupa taburan keripik bawang, daun seledri cincang dan bawang goreng. Rasanya pedas dan segar.

Berada di pinggir danau Rawa Pening, anda bisa menikmati wisata apung Kampoeng Rawa Ambarawa merupakan area restoran / rumah makan apung dengan beberapa fasilitas wisata apung melengkapinya seperti Perahu Kayu, Perahu Motor, Bebek Air, ATV, JetSky, Perahu karet, Becak Air dan Becak Mini Bendi. Di Kampoeng Rawa ini, anda akan terpesona oleh keindahan pemandangan alam danau yang memanjakan mata dengan latarbelakang hamparan sawah dan pegunungan yang bisa anda nikmati dengan leluasa.

Rumah makan apung : merupakan pondok – pondok makan terapung di atas danau Rawa Pening, dimana pengunjung dapat menikmati beragam menu masakan istimewa bersama keluarga ketika liburan sambil menikmati pemandangan alam danau yang biru serta udara yang sejuk. Sajian menu yang istimewa disini adalah ikan – ikan yang dipanen dari puluhan keramba nelayan tradisional yang berada di sekitar danau Rawa Pening seperti Gurami, Nila, Lele dan juga aneka hidangan dari daerah lainnya khas Indonesia.

Berjalan – jalan di luar area pemandian, anda akan dimanjakan oleh perpaduan keindahan alam antara bukit, sungai, dan hutan – hutan kecil, merupakan lokasi wisata kedua yang tak kalah keren untuk anda kunjungi. Seperti halnya di kawasan wisata Hutan Tinjomoyo yang didominasi oleh vegetasi jati dan pinus dengan pohon – pohon tinggi yang rindang akan menemani anda dan keluarga menikmati alam kota Semarang.

Selamat berlibur !